Selamat Datang

SELAMAT DATANG di BLOG SAYA

Sunday 31 July 2011

MEMELIHARA KEJUJURAN


Sikap jujur merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Sebab tanpa sikap jujur akan sulit rasanya untuk dipercaya oleh masyarakat, yang berakibat kehidupan kita akan sulit berjalan dengan baik dan sukses. Tetapi sikap jujur kini sudah semakin langka.
Memudarnya sikap jujur disebabkan oleh banyak factor , diantarany :
1.    Banyak orang menganggap bahwa kejujuran adalah sikap yang bersifat mengekang dan mengikat. Sehingga kalau mereka bersifat jujur, mereka tidak lagi bebas melakukan usaha-usaha yang menguntungkan dirinya.
2.    Banyak orang menganggap bahwa berlaku jujur itu tidak menguntungkan, di beberapa tempat kehidupan ini orang yang berlaku jujur justru tersingkir dan dikucilkan orang karena tidak dapat diajak kerja sama.
3.    Banyak orang yang menganggap masyarakat mudah dibohongi, sehingga mereka dengan leluasa melakukan ketidakjujuran. Namun perlu disadari masyarakat sudah semakin cerdas dan kritis.
Kejujuran bila dipandang dari hati yang bersih dan pikiran yang jernih akan melancarkan dan mengsukseskan usaha-usaha hidup di dunia dan di akhirat. Jujur merupakan sikap yang diperintahkan agama dan dibenarkan oleh  akal budi dan etika masyarakat.
Jujur adalah salah satu sifat Rasul yakni shidiq yang artinya benar atau jujur. Setiap muslim dituntut untuk selalu dalam keadaan benar lahir batin , antara hati dan perbuatan , antara perkataan dan perbuatan harus sama tidak boleh berbeda.
Shidiq atau benar ada 3 yaitu:
1.    Shidiq al qalb (benar hati), apabila dihiasi dengan iman kepada Allah SWT dan bersih dari segala penyakit hati.
2.    Shidiq al hadits (benar perkataan), apabila semua yang diucapkan adalah kebenaran bukan kebatilan.
3.    Shidiq al ‘amal (benar perbuatan), apabila semua yang dilakukan sesuai dengan syari’at Islam.
Rasullulah memerintahkan setiap muslim setiap muslim untuk selalu jujur karena akan membawa kepada kebaikan-kebaikan yang mengantarkan ke surge. Sebaliknya kita dilarang untuk berbohong, karena akan membawa kepada kejahatan –kejahatn yangberakhir di neraka.
Seorang muslim harus selalu bersikap benar dan memelihara kejujuran kapanpun, dimanapun dan kepada siapapun. Ada 5 macam shidiq yakni :
1.    Shidiq al hadits (benar perkataan)
Dalam keadaan apapun dan bagaimanapun setiap muslim akan selalu berkata benar dan jujur. Orang yang selalu berkata jujur dan benar akan dikasihi Allah dan dipercayai amanat.
2.    Shidiq al mu’amalah (benar pengalaman)
Setiap muslim akan selalu bermu’amalah dengan benar. Apapun yang dilakukan dan ditinggalkannya karena Allah semata.
3.    Shidiq al’Azam (benar kemauan)
Setiap muslim akan melaksanakan kemauan yang benar dan bermanfaat dengan rihdha Allah.
4.    Shidiq al Wa’ad (benar janji)
Apabila berjanji seorang muslim harus menepatinya, karena jika ingkar termasuk munafik.
5.    Shidiq al Hal (benar kenyataan)
Seorang muslim akan menampilkan diri seperti keadaan yang sebenarnya. Kebenaran atau kejujuran harus dilaksanakan sebaik-baiknya dengan menghindari kebohongan.

No comments:

Post a Comment